Saturday, October 12, 2013

Pentingnya Nama Dalam Kesuksesan Suatu Usaha


Nama adalah sesuatu yang sangat menarik, dan merupakan hal yang paling indah yang pernah kita dengar. Dari nama itulah kita memperoleh pengenalan sebagai seorang individu, dan hal ini merukapan hal yang penting bagi kehidupan kita. Padahal kadang-kadang nama ataupun perusahaan kita adalah sesuatu yang tidak mudah diingat atau mungkin tidak kita sukai karena mengandung konotasi yang berbeda dengan apa yang diharapkan. Maka, kita harus mencari nama yang mudah diingat oleh orang lain supaya mereka dapat mengingat kita.

Setiap hari orang-orang akan melihat dan mendengar banyak hal dalam hidup ini tetapi dia tidak mempunyai kepentingan untuk mengingat nama kita. Sehingga kalau nama kita sangat sulit diingat oleh orang lain, maka mereka pun akan mudah untuk melupakannya. Yang  menarik adalah di Hollywood, di sana terdapat dunia gemerlap yang membutuhkan strategi marketing yang baik. Kalau Anda lihat, di sana ada beberapa nama besar seperti Tom Cruise. Padahal nama asalnya adalah Tom Mapoter. Orang akan tidak suka karena nama itu tidak komersial. Begitu juga dengan Cher, seorang penyanyi yang sampai usia 60-an masih terlihat seksi dan bisa menyanyi dengan baik. Nama aslinya adalah Cherllyn Sakeshian. Siapa yang bisa mengingat nama seperti itu? Kirk Douglas yang merupakan ayah  dari Michael Douglas mempunyai nama asli Ishyur Danielovich.
                                                                          
Kalau kita lihat nama-nama orang film terkenal, itu sebetulnya bukan nama asli mereka. Karena itu dalam bisnis, kalau akan memberi nama perusahaan ataupun nama kepada putra putri kita, carilah nama yang mudah diingat.

Ketika saya men-set nama SamDesign, saya beradu argumen lama. Nama perusahaan kami PT. Kompakindo Media Dewata. Pada saat itu saya mempunyai pemikiran untuk menjual ke luar negeri. Tetapi bagaimana orang bule bisa mengingat nama yang begitu panjang. Tetapi mereka akan dengan mudah untuk mengingat nama Sam karena kata S-A-M di luar negeri adalah kata yang paling umum. Kebetulan pada saat itu ada saya sendiri, S untuk  mewakili Santoso, A adalah Anang, dan M adalah Martin. Yang lebih penting lagi adalah nama itu mudah diingat orang. Kalau nama kita aneh dan sangat sulit untuk diingat, itu akan membuat kita lebih sulit untuk diingat. Maka, memberi nama yang mudah diingat kepada perusahaan kita adalah penting sehingga mereka selalu akan mudah diingat orang. Demikian business wisdom kali ini. Semoga bermanfaat untuk bisnis dan karir Anda di hari-hari mendatang.

No comments:

Post a Comment