Monday, September 23, 2013

Tolong Menolong




Islam memerintahkan kita untuk saling tolong menolong dalam kebaikan dan ketakwaan. Dan melarang kita tolong menolong dalam dosa dan permusuhan. Jadi kita diperintah oleh Allah untuk saling tolong menolong dalam kebaikan. Membantu saudara, membantu teman, karib kerabat, dan orang lain, dalam segala kebaikan, dan dalam hal ketakwaan. Membantu mereka untuk mempelajari Al Qur'an, mempelajari ilmu-ilmu yang diberikan oleh Allah pada orang-orang pilihan. Seperti Rasul dan para sahabat. Sehingga kejayaan zaman rasul dan para sahabat bisa muncul dijaman kita. Dan kita bisa menikmatinya. Indahnya hidup dengan tuntunan Allah. Aman, rukun damai, adil makmur, dan sejahtera.

Dan jangan tolong menolong dalam dosa dan permusuhan. Seperti menunjukkan atau membawa orang lain kepada tempat-tempat maksiat. Atau menonton acara-acara televisi, atau bacaan-bacaan yang menimbulkan berahi, atau menyampaikan kata-kata orang lain pada seterunya, sehingga makin dalam permusuhan diantara mereka. Begitu juga dengan menyebarkan fitnah, gossip, dan menebarkan permusuhan. Dan tolong menolong dalam dosa. Seperti membayari orang pergi ke tempat maksiat, memberi alkohol, narkoba,dll.

Tugas orang yang beriman, menolong, membantu mempertemukan orang yang akan berpisah, mendamaikan orang yang sedang berseteru, mengajak orang kepada pekerjaan-pekerjaan yang diridhoi Allah. Dan menjauhkan diri daripada perbuatan yang tidak terpuji dan munkar. Seperti menghasut, memfitnah, mecaci maki, saling mengejek, merendahkan orang lain, menghina, dsb.

Jadikanlah diri kita bermanfaat, jadi obat buat orang lain. Kiranya Allah memberkahi kita. Amin

No comments:

Post a Comment